PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK DESA NADUNG: KOPI TEH PELAWAN DAN GULA KABUNG

Authors

  • Eka Rachma Kurniasi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Rilia Ayuni Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Bima Putra Dewa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Minarti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Meliani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Ridho Pramadhani Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Pitri Yanti Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Dina Zuhriyyah Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Julaiman Alaimusalam Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Eni Artika Sari Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Revaldy Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.68

Keywords:

Pelatihan, Pemasaran Digital, Kopi Teh Pelawan, Gula Kabung/Aren

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah sangat mendukung kualitas usaha yang ada di suatu daerah tersebut. Usaha yang dapat menopang ekonomi daerah tersebut salah satunya adalah usaha produksi kopi teh pelawan dan gula kabung. Produk ini merupakan salah satu produk herbal terletak di Desa Nadung Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan. Permasalahan yang dihadapi oleh produsen kopi teh pelawan dan gula kabung adalah kesulitan dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Hal ini menyebabkan sedikit yang mengetahui keberadaan produk yang di hasilkan sehingga kecil kemungkinan produk laku terjual. Metode pelatihan dilakukan dengan beberapa tahapan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Hasil kegiatan pelatihan pemasaran digital dapat meningkatkan pengetahuan produsen kopi teh pelawan dan gula kabung terkait pemanfaatan media sosial melalui aplikasi Instagram dan facebook untuk membantu produsen dalam memasarkan produk secara digital atau online sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Castellano, K. E, & Ho. A. D. 2013. A. Practitioner’s Guide to Growth Models. Washington DC: Council of Chief State School Off cers.

Devy, H. A., & Soemanto, R. B. 2017. Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karangnya. Jurnal Sosiologi DILEMAH, 32 (1), 34-44

E-Marketer. (2017). Digital Ad Spending in Select Countries in Southeast Asia 2016-2021 di http://www.emarketer.com.adspendtool (diakses tanggal 23 Februari 2021)

Herman sofyandi. Cetakan kedua. 2013. Manajement Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 12. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

Nadhira Salsabila. (2020). Perubahan yang Terjadi Dalam Masyarakat Sebagai Dampak dari Covid-19. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Universitas Brawijaya. http://fisip.ub.ac.id//?p=102827lang=id

Pradiani, Theresia. 2017. ‘Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan’, Jibeka / Volume 11. Nomor 2, Agustus 2016.

Prasadi, O., Nurlinda Ayu Triwuri, Dwi Novia Prasetyanti, Eka Dyah Puspita Sari, & Agus Santoso. (2020). PENERAPAN STANDAR CARA PRODUKSI PANGAN OLAHAN YANG BAIK (CPPOB) DI CILACAP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 215-222. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.29

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-07-14

How to Cite

Eka Rachma Kurniasi, Rilia Ayuni, Bima Putra Dewa, Minarti, Meliani, Ridho Pramadhani, Pitri Yanti, Dina Zuhriyyah, Julaiman Alaimusalam, Eni Artika Sari, & Revaldy. (2021). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK DESA NADUNG: KOPI TEH PELAWAN DAN GULA KABUNG . Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 187-197. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.68