PENGELOLAAN KELAPA TERPADU ZERO WASTE DI DESA LEMBAH ASRI KECAMATAN WEDA SELATAN

Authors

  • Natal Basuki Universitas Khairun
  • Suhardi Universitas Khairun
  • Suwandi S. Sangadji Universitas Nuku Tidore

DOI:

https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.36

Keywords:

Virgin Coconut Oil, Classic Coconut Oil, Animal Feed, Activated Charcoal

Abstract

Potensi perkebunan kelapa yang dihasilkan oleh masyarakat Kecamatan Weda Selatan hanya memanfaatkan daging buah kelapa untuk pembuatan Kopra sehingga selain daging kelapa hanya menjadi sampah seperti Serabut, Tempurung dan ampas kelapa. Selain itu, potensi perkebunan kelapa tidak serta merta dapat meningkatkan taraf kesejahteraan petani yang terdapat di Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah sebab harga kopra mengalami fluktuasi harga yang akhirnya mengakibatkan kerugian yang dialami oleh petani kelapa. Penguasaan teknologi dan inovasi dalam mengelola buah kelapa menjadi produk turunan lain selain kopra tidak diketahui oleh petani sehingga tidak menambah niali guna produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dalam meningkatkan ekonomi keluarga petani. Kegiatan pengelolaan kelapa terpadu melaui PKM Kubermas Tematik ini bermitra dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Lembah Asri, Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah. Melalui kegiatan PKM Kubermas akan dilakukan pelatihan pengolahan kelapa terpadu Zero Waste melalui pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO), Minyak Kelapa Klasik, pembuatan pakan ternak dengan memanfaatkan ampas kelapa, dan pembuatan arang aktif. Pelaksanaan kegiatan PKM ini dimulai pada tanggal 22 Maret sampai dengan bulan Juli 2020. Tahapan pelaksanaan kegiatan dimulai dari Observasi Lapangan, Sosialisasi kegiatan, Pelatihan, Evaluasi, Publikasi dan Pelaporan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu dapat meningkatnya pengetahuan dan kemampuan mitra khususnya dan umumnya mahasiswa kunermas dalam mengolah buah kelapa menjadi VCO, Minyak kelapa klasik, pakan ternak, dan arang aktif..

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kammaruddin, B. (2019). Harga Kopra di Morotai Rp. 3.700. (Online). Tersedia : http://news.malutpost.co.id [22/10/2019].

Karniyati, A., Suhardi, S., & Sangadji, S. S. (2019). Peran Penyuluh Pertanian dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa Ampera Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan. Aksara Public, 3(2), 99-108.

Kecamatan Patani dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah

Ngabalin, L. S., Sangadji, S. S., & Suhardi, S. (2019). Pengaruh Penyuluhan Pertanian Terhadap Efektivitas Kelompok Tani Jaya di Desa Danar Kecamatan Kei-Kecil Timur Selatan Kabupaten Maluku Tenggara. Aksara Public, 3(2), 71-84.

Nugraha, A. E. P. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 98-106.

Rahmat, D.C. 2019. Kecamatan Patani dalam Angka. BPS Kabupaten Halmahera Tengah. CV, Tarataro.

Siregar, Robert t., Hery P. Silitonga, Abd. R. Syamsuri, Abd. Halim, Dwi S. Haryani, Sutarmin, Suwandi S. Sangadji, et al. 2020. “Pemasaran "Hasil Pemikiran dari Para Dosen Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia (book Chapter-first Edition)".” OSF Preprints. November 11. osf.io/h7p6v.

Sangadji, S., Suhardi, S., & Ali, C. P. M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 142-157.

Sangadji, S. S. (2016). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen terhadap Pembelian Jus Belimbing Winner Perkasa Indonesia Unggul Di Kota Depok (Doctoral dissertation, Universitas Mecu Buana Jakarta).https://repository.mercubuana.ac.id/38927/

Syarif, A dan Zainuddin M. (2017). Kajian Peran Perempuan Dalam Usahatani Sayuran yang Berlandaskan Zero Waste di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng [Online]. Jurnal Galung Tropika. Vol 6 (2), hal 114-123. Tersedia : https://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/232

Published

2020-12-13

How to Cite

Basuki, N., Suhardi, & S. Sangadji, S. (2020). PENGELOLAAN KELAPA TERPADU ZERO WASTE DI DESA LEMBAH ASRI KECAMATAN WEDA SELATAN . Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 231-239. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.36