PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH
DOI:
https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.19Keywords:
Pelatihan, Media, Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Kemampuan guru dalam membuat media untuk pembelajaran jarak jauh harus ditingkatkan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dalam membuat video pembelajaran dengan berbagai software. Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan Zoom Meting selama empat hari kegiatan. Pelatihan dilakukan menggunakan pendekatan andragogi, dimana pelatihan lebih menekankan pada praktek daripada teori. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang meningkatkan terkait pemanfaatan software untuk membuat video pembelajaran. Pemahaman ini ditunjukkan dari peningkatan dari nilai pretest dan postest. Sedangkan kemampuan dalam pembuatan media ditunjukkan dari produk media pembelajaran yang telah dibuat oleh guru
Downloads
References
Barra, E., Aguirre Herrera, S., Pastor Caño, J. Y., & Quemada Vives, J. (2014). Using Multimedia and Peer Assessment To Promote Collaborative E-Learning. New Review of Hypermedia and Multimedia, 20(2), 103–121. https://doi.org/10.1080/13614568.2013.857728
Dai, W., & Fan, L. (2012). Discussion about the Pros and Cons and Recommendations for Multimedia Teaching in Local Vocational Schools. Physics Procedia, 33, 1144–1148. https://doi.org/10.1016/j.phpro.2012.05.188.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai media pembelajarn (studi evaluasi model pembelajarn E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hendriyani, Y., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 85-88.
Herbst, P., & Chazan, D. (2015). Studying Professional Knowledge Use in Practice Using Multimedia Scenarios Delivered Online. International Journal of Research and Method in Education, 38(3), 272–287. https://doi.org/10.1080/1743727X.2015.1025742.
Kumar, J. A., Muniandy, B., & Wan Yahaya, W. A. J. (2019). Exploring The Effects Of Emotional Design and Emotional Intelligence in Multimedia-Based Learning: an Engineering Educational Perspective. New Review of Hypermedia and Multimedia, 25(1–2), 1-3-. https://doi.org/10.1080/13614568.2019.1596169
Kusuma, Jaka Wijaya; Jefri, Ulfi; Surnani, Endang; Pratiwi, Ika; Kurniawan, E. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CLASSDOJO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU SD IT BINA BANGSA DI ERA KENORMALAN BARU. JPKM-Aphelion (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Aphelion), 1(01), 57–67. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKA/article/view/6906
Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, III(2), 194–204.
Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45–51. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPEB.006.1.5
Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222–235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416.
Rusmiyati, I., Nurkamto, J., & Haryanto, S. (2014). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMPN 2 Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 171–184. http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
Yang, X.-P., Liu, X.-X., Guo, Y.-H., & Wang, S.-J. (2012). Optimization and Application of Multimedia Teaching Means of Specialized Courses in Engineering. Energy Procedia, 17, 1878–1884. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2012.02.326.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimas Bina Bangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.